Perhatian! Gunung Bromo Berstatus Siaga, Wisatawan Dilarang Mendekat

Jiwa Merdeka, Jakarta - Aktivitas Gunung Bromo di Kabupaten Probolinggo, Provinsi Jawa Timur mengalami peningkatan sejak pagi tadi. Status Gunung Bromo kini Siaga.

Kepala Pusat Data dan Informasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho mengungkapkan, asap pekat sejak tadi pagi membumbung di langi sekitar Gunung Bromo. Menurutnya, aktivitas rutin Gunung Bromo pada periode pukul 06.00-12.00 WIB terus mengalami peningkatan. 

"Terpantau secara visual terlihat cuaca cerah, angin tenang, suhu 10-22 derajat celsius. Asap kawah teramati putih kelabu hitam sedang-tebal tekanan sedang, tinggi asap berkisar 200-300 meter dari puncak kawah ke arah barat," kata Sutopo melalui keterangan tertulis yang diterima detikcom, Kamis (6/10/2016).

Data seismik yang terekam di seismograf mencatat gempa tremor menerus dengan amplitudo maksimum 0,5-14 milimeter dan dominan 2 milimeter, kemudian satu kali hembusan dengan amplitudo maksimum 11 milimeter selama 20 detik. 

Seiring dengan status tersebut, lanjut dia, rekomendasi Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) yakni masyarakat di sekitar Gunung Bromo dan pengunjung, wisatawan ataupun pendaki tidak diperbolehkan memasuki kawasan dalam radius 2.5 km dari kawah aktif gunung yang memiliki ketinggian 2.329 mdpl. 

"Dalam status siaga masyarakat di sekitar Gunung Bromo dan pengunjung/wisatawan/pendaki tidak diperbolehkan memasuki kawasan dalam radius 2.5 km dari kawah aktif Gunung Bromo," ungkapnya. (Sumber: detik.com).

0 komentar:

Posting Komentar